PELATIHAN GASING DI GUGUS IV SD KECAMATAN BULELENG

Gasing adalah singkatan dari Gampang, Asik dan menyenangkan, jadi pembelajaran matematika dengan metode gasing yaitu bagaimana caranya agar pelajaran matematika itu dapat dipahami oleh peserta didik dengan gampang, asik dan menyenangkan.

Pembelajaran matematika kepada siswa-siswi SD yang terpenting adalah penguasaan murid terhadap hitungan. Pembelajaran matematika untuk tingkat SD lebih banyak menggunakan peragaan, karena mereka masih senang bermain bukan ? Dengan mempraktekkan pelajaran berhitung dalam suatu kegiatan mereka. Secara tidak sadar anak murid telah belajar matematika. Guru pelajaran matematika dapat berkreasi dengan imajinasi mereka dengan cara membuat suatu kegiatan yang bisa menarik perhatian murid sambil menyisipkan pelajaran berhitung.

Pembelajaran matematika juga dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Yaitu lewat games yang mendidik, seperti games. Seperti games tembak-menembak. Apabila muncul angka 5 + 4 mereka harus menembak angka sembilan. Pembelajaran dengan metode gasing tentu anak tidak bosan dan akhirnya stigma bahwa matematika dan sains itu susah akan terkikis.

Guru pelajaran matematika dapat menari/berjoget bersama anak-anak murid sambil menerangkan, bahwa ketika kita bergerak tulang mana saja yang bergerak dan menerangkan ke murid sambil praktek langsung. Untuk menumbuh kembangkan kecintaan anak terhadap pelajaran matematika tidak bisa diserahkan kepada guru matematika 100% peran orang tua di rumah penting untuk tetap menjaga ketertarikan anak terhadap pelajaran matematika. Ajaklah anak-anak bermain bersama sambil belajar sehingga anak tidak sadar sedang belajar berhitung.

Berdasarkan latar belakang diatas dan menindaklanjuti perintrah Disdikpora Kabupaten Buleleng tentang Pengimbasan Pelatihan Numerasi melalui Metode GASING pada seluruh guru kelas kecamatan (Gampang. Asyik, Menyenangkan) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Maret 2024, dengan TPK yang telah ditentukan.

Selama 8 hari Gugus IV SD Kecamatan Buleleng mengadakan pelatihan Gasing bagi para guru dibawah naungan Gugus IV SD Kecamatan Buleleng. Gugus inti yang bertempat di SD Negeri 1 Banyuasri menyediakan 1 ruangan khusus untuk para trainer memberikan materi pelatihan metode gasing.Kegiatan Pelatihan Numerasi dengan metode Gasing dilaksanakan mulai tanggal 18-22 Maret 2024  dengan TPK di SD. Negeri 1 Banyuasri

Adapun jadwal nya seperti gambar dibawah ini

Adapun jumlah peserta gasing dari gugus IV berjumlah 28 guru antara lain:

N0Nama SekolahJumlah Peserta
 SD Muhammadiyah

SD Lab. Undiksha

SDN 3 Banyuasri

SDN 1 Banyuasri

SDN 4 Banyuasri

SDK Karya Singaraja

0

6

5

10

5

2

JUMLAH TOTAL                                28
Dengan jumlah Trainer 4 orang dari masing-masing sekolah.

Tujuan dilaksanakannya Pelatihan Numerasi dengan Metode Gasing bagi guru-guru SD di Kecamatan Buleleng antara lain :

  1. Seluruh Guru memahami Cara Mengajar Numerasi dengan Metode Gasing
  2. Seluruh Guru dan Siswa dapat berhitung cepat tanpa alat hitung (tambah,kurang, kali bagi)
  3. Seluruh Guru mampu meningkatkan kreatifitas dalam mengajar matematika pada

    Pada akhir kegiatan Pelatihan Numerasi,dengan metode Gasing, bagi guru-guru SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng dengan  hasil  adalah:

    1. Seluruh Guru kelas memahami Cara Mengajar Numerasi dengan Metode Gasing
    2. Seluruh Guru kelas dan Siswa dapat berhitung cepat tanpa alat hitung (tambah,kurang, kali bagi)
    3. Seluruh Guru kelas mampu meningkatkan kreatifitas dalam mengajar matematika pada siswa.                                                                                                                                                                  Adapun Anggaran Biaya Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Numerasi dengan metode Gasing, bagi ke;as guru-guru SD di Kecamatan Buleleng di serahkan ke sekolah masing – masing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *